Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 12 Maret 2014

 Super Robot Wars/Taisen Series

Oke, mungkin game ini terlalu hardcore untuk kamu yang terbiasa dengan RPG biasa. Super Robot Wars (スーパーロボット大戦 Sūpā Robotto Taisen) adalah sebuah tactical RPG yang dikembangkan oleh Banpresto, yang sekarang adalah sebuah studio divisi dari Bandai Namco. Game ini berfokus pada pertempuran robot yang dilakukan secara bergantian antara pihak player dengan pihak musuh. Kamu harus berpikir secara takt
is bagaimana sebaiknya kamu melancarkan seranganmu dan juga bagaimana kamu akan bertahan.
Game ini juga terkenal dengan dialog yang panjaaaaaaaaang dan juga crossover dengan waralaba anime bertema mecha lainnya. Oh, iya. Jangan lupa dengan adegan serangan robot-robotnya yang super dahsyat! Sampai saat ini, hanya SRW Original Generations saja yang diterjemahkan secara resmi ke Bahasa Inggris. Game ini ada hampir di semua platform. Direkomendasikan untuk mencoba yang ada di platform handheld.
Wajib dicoba jika kamu:
-Pada dasarnya suka robot
-Suka mecha dalam anime
-Suka turn based tactical RPG
Jangan dimainkan jika kamu:
-Tidak suka dialog yang panjang
-Tidak suka game yang non-action

Akiba’s Trip Series

Akiba’s Strip adalah game yang inti permainannya mengharuskan kamu melucuti pakaian (ya, seriusan) para mahluk kegelapan yang menyamar sebagai manusia di sekitaran Akihabara supaya mereka mati terkena sinar matahari. Pada seri yang ke-2, game ini memiliki 130 tempat yang diambil dari toko-toko yang nyata ada dalam Akihabara. Kamu juga bisa berkunjung dan berkeliling di sana layaknya kamu sedang benar-benar di Akiba!
Gameplaynya juga memadukan elemen visual novel ke dalam perkembangan ceritanya. Seri paling akhir untuk saat ini adalah Akiba’s Trip 2. Tidak/belum ada versi Inggris. Tersedia di PSP (Akiba’s Strip), PSVita dan PS3 (Akiba’s Strip 2).
Wajib dicoba jika kamu:
-Sadar diri kalau tidak bisa menanggalkan pakaian seseorang di dunia nyata di siang bolong
-Suka visual novel, budaya otaku dan Akihabara
-Pertarungan dengan unsur komedi
Jangan dimainkan jika kamu:
-Tersinggung dengan lepas-melepas pakaian
-Pada dasarnya tidak suka hal berbau anime dan otaku

Legend of Heroes Series

Legend of Heroes (英雄伝説 Eiyū Densetsu) adalah RPG buatan Falcom. Gameplay yang ditawarkan RPG ini cukup tradisional karena berbasis pada turn based RPG, hanya saja ada fitur yang berbeda tiap seri layaknya Final Fantasy. Di Jepang sendiri, game ini cukup booming. Dari sekian banyak RPG yang saya mainkan, Legend of Heroes memiliki BGM pertempuran yang menurut saya catchy dibanding dengan RPG sejenisnya.
Seri terbaru dari game ini adalah Legend of Heroes: Trails of the Flash (英雄伝説 閃の軌跡 Eiyū Densetsu Sen no Kiseki), sampai saat ini belum ada kabar untuk diterjemahkan. Kamu bisa memainkan seri game ini di beberapa konsol lawas dan juga handheld seperti PSP. Nantikan juga Trails in the Sky yang diperkirakan akan diterjemahkan oleh XSEED tahun depan untuk platform PSP dan PC.
Wajib dicoba jika kamu
-Penggemar RPG klasik
-Suka karakter dengan gaya anime
-suka dengan cerita yang ringan
Jangan dimainkan jika kamu
-Tidak suka turn based RPG
-Tidak suka level grinding

Project Diva & Project Mirai Series

Kenapa saya memasangkan kedua game ini sekaligus? Karena kedua game ini memiliki genre yang kurang lebih sama yaitu rhythm action. Project Diva dan Project Mirai adalah game yang dibuat berdasarkan karakter dari software vocal synthesizer: Vocaloid keluaran Crypton. Game-game ini sendiri menggunakan lagu-lagu yang dibuat oleh pengguna Vocaloid yang sudah terkenal di Jepang dan saya jamin cukup enak untuk didengar.
Game ini juga terkenal di game center di Jepang karena ada versi arcade-nya juga. Kamu bisa memainkan Project Diva di PSP, PSVita dan PS3 sedangkan Project Mirai tersedia di Nintendo 3DS. Untuk Project Diva F (PS3) sudah tersedia dalam bahasa Inggris.
Wajib dicoba jika kamu:
-Suka Vocaloid
-Suka game rhythm
-Suka game dengan warna-warni yang mencolok
Jangan dimainkan jika kamu:
-Penderita epilepsi (serius!)
-Tidak suka hal yang moe
-Tidak suka musik dengan vokal komputer

Fairy Fencer F

Kamu yang pernah memainkan Hyperdimension Neptunia pasti akan merasa sedikit familiar dengan game yang satu ini. Fairy Fencer F adalah sebuah RPG dengan visual anime yang menarik. Gameplaynya sendiri merupakan turn based RPG klasik yang ditambahkan unsur visual novel seperti dalam game Persona series. Game ini juga mendapat respon yang cukup antusias di Jepang sendiri. Game tersedia di PS3. Untuk sementara ini tidak ada kabar tentang lokalisasi ke barat.
Wajib dicoba jika kamu:
-Suka yang moe-moe
-Suka grafis ala visual novel
Jangan dimainkan jika kamu:
-Tidak suka Voice Actor bergaya anime

Danganronpa: Trigger Happy Havoc

Sekali lagi, visual novel dari Jepang. Bercerita tentang sekelompok anak SMA yang dikurung dalam sebuah sekolah dan dipaksa saling membunuh. Jika terjadi suatu pembunuhan, maka akan diadakan sebuah pengadilan untuk mencari tahu siapa pembunuh sebenarnya. Jika orang yang kamu tuduh adalah benar seorang pembunuh, maka dia akan dihukum mati, namun jika pembunuhnya salah ditebak, maka pembunuh yang asli itu selamat sedangkan anak-anak yang lain akan dihukum mati.
Grafis dari game ini juga bertolak belakang dengan tema yang dibawakan, membuat game ini menjadi sangat unik dibanding game sejenisnya. Game ini juga memiliki gameplay seperti minigame ketika sebuah pengadilan dimulai. Danganronpa dirilis untuk PSP dan untuk PSVita mendapatkan versi Reloaded yaitu Danganronpa 1 & 2. Danganronpa akan dilokalisasi oleh Nippon Ichi Software America dan akan rilis di 2014 untuk PSP.
Wajib dicoba jika kamu:
-Penggemar game detektif/pengadilan seperti Ace Attorney atau Professor Layton
-Suka artstyle yang unik
-Suka Monokuma
Jangan dimainkan jika kamu:
-Tidak suka dengan minigame
_Penggambaran TKP yang eksplisit
-Tidak suka Doraemon (karena pengisi suara asli dari Monokuma sama dengan Doraemon)

Katamari Damacy

Ah… Katamari. Saya tidak bisa berkomentar banyak soal game ini. Pada dasarnya, kamu adalah seorang pangeran dengan ukuran mini yang ditugaskan oleh King of All Cosmos untuk menggulingkan banyak benda untuk dijadikan bintang. Terdengar absurd? Tunggu sampai kamu lihat seperti apa grafisnya. Pokoknya akan banyak adegan konyol dalam game ini yang sengaja atau tidak sengaja kamu lakukan. Satu lagi, musik dalam game ini benar-benar enak untuk didengarkan lho. Game ini sudah cukup terkenal di barat dan gamenya yang paling baru adalah Touch My Katamari untuk PSVita.
Wajib dicoba jika kamu:
-Suka menggulingkan bola
-Suka sesuatu yang aneh
-Suka musik yang asik untuk didengarkan
Jangan dimainkan jika kamu:
-Tidak suka warna pelangi
-Tidak suka King of All Cosmos
-Tidak suka absurdisme

BONUS:

Sebagai bonus, saya akan rekomendasikan game-game ini untuk kamu juga.

1. Touhou Project

Touhou Project - Screenshot
Sebuah game indie bergenre Bullet Hell Shooter yang sangat terkenal dan mendapat banyak fans di Jepang dan di luar Jepang. Gamenya sendiri cukup sulit didapatkan di Indonesia, tapi kalau kamu sampai melihat game ini di laptop atau komputer temanmu, jangan ragu untuk mencobanya.

2. Ao Oni

Ao Oni - Screenshot
Game indie horor yang dibuat menggunakan RPG Maker. Sangat direkomendasikan karena penuh dengan jumpscare yang muncul dengan acak. Hati-hati dengan setan biru ini ya…
Weblink: Ao Oni, Gratis

3. Ib

Ib - Screenshot
Game pixel horor lainnya yang cukup menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia termasuk komunitas gaming di Youtube. Bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Ib yang tersesat dalam galeri berhantu. Puzzle dalam game ini cukup menarik dan bisa membuat kamu betah untuk memainkannya.
Weblink: IB, Gratis
Itu saja game-game yang bisa saya rekomendasikan untuk kamu coba. Mungkin kamu akan kesulitan dalam bagian bahasa, tapi selama ada niat, game apapun pasti bisa dimainkan bukan? ;)
Nah, mungkin saya tidak menuturkan dengan lengkap atau tidak mencantumkan game-game yang seharusnya ada dalam list ini. Jika kamu punya game buatan developer Jepang yang menurut kamu pantas diketahui orang, beritahu saja di kolom komentar. Have fun!



sumber : http://id.gamesinasia.com/7-game-buatan-jepang-yang-sebaiknya-kamu-coba-mainkan/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Wellcome To Japanese Lovers //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //